Senin, 22 Oktober 2012


Juz 12 yang dikaitkan dengan Rukun Islam serta Teori Komunikasi
“Perintah-Perintah ALLAH SWT kepada Umatnya”






OLEH: Cut Miranti Keumala
NIM: 1205102010022





UNIVERSITAS SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH
TAHUN AJARAN 2012/2013



SURAH YUSUF AYAT 105




"Dan banyak sekali tanda-tanda (kekuasaan Allah) di langit dan di bumi yang mereka melaluinya, sedang mereka berpaling dari padanya".
Mereka tidak mengakui adanya Allah SWT sedangkan mereka di hidupkan dan di tempatkan di alam ciptaan Allah, mereka itu merupakan ciri-ciri orang yang tidak memiliki iman dan sewaktu-waktu bias menjadi kafir apabila mereka tidak memiliki usaha untuk kembali kejalan yang benar. contoh dalam teori komunikasi mereka  Ini termasuk kedalam cotoh hambatan komunikasi sebagaimana diketahui hambatan komunikasi adalah prose penyandian pesan, media, bahasa. Dapat kita kaitkan bahwa mereka yang tidak mengetahui adanya Allah adalah orang yang tidak menafsirkan dan memahami pesan-pesan yang telah disampaikan oleh Allah yang telah tertulis di Al-Qur’an dan di sampaikan melalui Nabi Muhammad SAW dan mereka tidak mampumengapikaskannya ke dalam kehidupan mereka sehingga mereka menjalani kehidupannya di jalan yang benar.

SURAH YUSUF AYAT 106


"Dan sebahagian besar dari mereka tidak beriman kepada Allah, melainkan dalam keadaan mempersekutukan Allah (dengan sembahan-sembahan lain)".
Akibat dari mereka yang pada awalnya tidak mengakui adaya Allah SWT, berarti mereka mempersekutukannya karena kita sebagai manusia harus mmiliki pedoman hidup dan mereka juga mencari tuhan selain Allah. Dalam khasus ini perilaku yang mereka lakukan merupakan salah satu unsure komunikasi yaitu respon.
Respon ada 2 jenis yaitu:
-     Positif
-     Negative
-     Tidak ada respon
Mereka termasuk kedalam respon negative , karena mereka salah mengartikan pesan yang disampaikan oleh Allah SWT dan pengaplikasiannya dalam kehidupan bertentangan dengan ajaran  Allah SWT

SURAH AR-RAD AYAT 14






"Hanya bagi Allah-lah (hak mengabulkan) do'a yang benar. Dan berhala-berhala yang mereka sembah selain Allah tidak dapat memperkenankan sesuatupun bagi mereka, melainkan seperti orang yang membukakan kedua telapak tangannya ke dalam air supaya sampai air ke mulutnya, padahal air itu tidak dapat sampai ke mulutnya [Dan do'a (ibadat) orang-orang kafir itu, hanyalah sia-sia belaka".
Allah telah membritahukan bahwa doa yang benar itu hanya kepada llah SWT . Allah juga menyuruh umatnya untuk menyembahnya bukan menyembah berhala-berhala. Karena Allah tidak dapat mengabulkan apapun bagi umatnya yang tidak menyembah dan bertaqwa kepadanya. Ini termasuk kedalam komunikasi sarana. Komunikasi sarana adlah komunikasi yang di sampaikan oleh nara sumber. Karena Allah telah menyampaikan langsung kepada umatnya melalui firman Allah yang telah terdapat dalam Al-Qur’an

SURAH IBRAHIM AYAT 31




"Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman: "Hendaklah mereka mendirikan shalat, menafkahkan sebahagian rezki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi ataupun terang-terangan sebelum datang hari (kiamat) yang pada hari itu tidak ada jual beli dan persahabatan. Maksudnya : pada hari kiamat itu tidak ada penebusan dosa dan pertolongan sahabat".
Allah berfirman kepada Rasulullah SAW. Untuk mengingatkan manusia agar tidak pernah meninggalkan shalat yang mana meninggalkan shalat adalah dosa yang sangat besar, serta menginfakkan harta bagi mereka yang berhak seperti fakir miskin, kaun dhuafa , yatim piatu. Karena sesungguhnya itu dapat munyucian harta. Sebab, jika hari kimat telah tiba tidak ada guna menyesal di kemudian hari.
Berdasarkan ayat di atas ini dapat di simpukan bahwa terdapat 2 jenis komunikasi yaitu:
-Komunikasi verbal
-Komunikasi non verbal
Komunikasi verbal adalah komunikasi dengan kata-katayang mana komunikasi ini digunakan saat kita melaksanakan shalat selain itu komunikasi verbal juga terjadi antara manusia dan manusi yaitu pada saat kita menginfakkan sebahagian harta kita kepada orang yang membutuhkan.
Komunikasi non verbal adalah komunikasi dengan bahasa tubuh yang mana seperti gerakan-gerakan dalam shalat.

 SURAH IBRAHIM AYAT 34




"Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung ni'mat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (ni'mat Allah)".
Sesungguhnya kita sering lupa mensyukuri nikmat yang telah allah berikan. Segalanya seperi nikmat hidup, nikmat sehat, dan masih banya lainnya rezeki-rezeki Allah yang tak akan sanggup kita hitung. Bahkan udara yang kita hirup sekarang ini juga masih nikmat nyata Allah yan kita rasakan. Namun manusia mash saja berbuat zalim dan tidak mensyukurinya. Ini trmasuk contoh teori hambatan komunikasi, sebagai mana diketahui hambatan komuikasi adlah proses penyandian pesan, media, bahasa. Ini termasuk ke dalam hambatan komunikasi karena tidak dapat memahami pesan-pesan yang disampaikanoleh Allah sehingga kita bersyukur atas nikmatnya.

SURAH IBRAHIM AYAT 52




"(Al-Qur'an) ini adalah penjelasan yang sempurna bagi manusia, dan supaya mereka diberi peringatan dengan-Nya, dan supaya mereka mengetahui bahwasanya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran".
Diturunkanya Al-Qur’an kepada manusia adalah sebagai pengingat dan petunjuk bagi kita agar kembali kejalannya. Al-qur’an berisi firman-firman Allah yang mengandung pelajaran yang sangat berharga jika benar-benar di fahami bahwa allah lah tuhan kita Yang Maha Esa dan kepadanyalah kita akan kembali
Ini merupakan unsurekomunikasi yaitu respon
Respon terbagi 3 jenis yaitu :
-   Positif
-   Negative
-   Tidak ada respon
Dan ini termasuk respon positif karena dari Al-Qur’an kita banyak mengetahui ajaran-ajaran Allah SWT dan kita melaksanakannya dengan benar. Jika kita pahami dengan baik maka akan menghasilakan respon positif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar