Senin, 22 Oktober 2012


NAMA   :   NAZILLA ULFA
NIM       :   1205102010093
KELAS   :   SEP 1 (jum'at pagi)

RUKUN ISLAM DIKAITKAN DENGAN KOMUNIKASI

Rukun Islam terbagi 5:
  1. Mengucap 2 kalimat syahadat,
  2. Mendirikan shalat,
  3. Berpuasa pada bulan Ramadhan,
  4. Membayar zakat,
  5. Naik haji bagi orang yang mampu.

Komunikasi adalah proses penyampaian fikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang yang bermakna bagi kedua belah pihak dengan menggunakan waktu tertentu. Komunikasi menggunakan media sikap atau tingkah laku seseorang atau jumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diarahkan komunikasi.
Juz 19
surat Al-naml ayat 3                                                      


 

Artinya:
(yaitu) orang-orang yang melaksanakan shalat dan menunaikan zakat dan mereka meyakini akan adanya akhirat.
            Kita diwajibkan mendirikan shalat , sehingga Tuhan itu tidak pernah sampai lupa kepada kita. Kita pun dianjurkan kalau masih ada kelapangan dan kesanggupan menambah sembahyang itu dengan yang Nawafil (yang sunnat-sunnat), Se­perti Dhuha,Tahajjud dan sembahyang sembahyang yang lain. Semua tambahan itu kalau tidak sempat mengerjakan, boleh ditinggalkan, tetapi yang lima waktu jangan sampai ketinggalan. Dengan demikian maka Allah itu tidaklah akan sampai terlupa. Karena kalau sampai terlupa, kita bisa saja tersesat dalam perjalanan hidup. Di samping sembah­yang. kalau kita telah mempunyai kemampuan, sampai Nishab harta dan tiba waktunya (Haul), hendaklah keluarkan Zakat.
Dengan sembahyang kita teguhkan hubungan dengan Tuhan. Dengan zakat kita kokohkan hubungan dengan sesama manusia. terutama kita bela orang-orang yang lemah yang fakir dan miskin, sehingga samping kokoh hubungan dengan Tuhan, kokoh pula hubungan kita dengan sesama manusia. Kita tidak mungkin dapat hidup sendiri dalam dunia ini.

Unsur-unsur komunikasi
·        Sumber (sourche)
·        Pesan (message)
·        Saluran/Perantara (channel)
·        Penerima (receiver)
·         Efek balik (effect)
Unsur komunikasi dalam ayat diatas bersumber dari AL-Quran yang difirmankan oleh Allah SWT yang berisikan pesan kepada semua makhluk untuk menjalani semua yang di perintahkan allah dan menjauhi semua yang dilarangNya, Allah menurunkan wahyu kepada Nabi Muhammad melalui perantaraan dari Malaikat Jibril dan kemudian nabi menyampaikan kepada umatnya, umatnya sebagai penerima harus dapat mengamalkan apa yang telah mereka pelajari dari AL-Quran, dan umat sebagai penerima harus dapat mengamalkannya sebagai efek balik antara manusia dengan Allah SWT sebagai bukti tanda beriman kita kepada Allah SWT.
Jenis-jenis komunikasi
·        Komunikasi Verbal
Adalah semua jenis yang menggunakan satu kata atau lebih atau berkomunikasi secara langsung. Seperti ayat diatas nabi menyeru umatnya untuk mengerjakan shalat dan mengeluarkan zakat. Seperti pada saat Nabi melakukan dakwah, ia secara langsung menyampaikan kepada umatnya dengan kata-kata yang mudah dipahami(vocabulary) agar umatnya mengeti atas apa yang disampaikan, kecepatan(racing) bicara pun harus diatur dengan baik, menggunakan suara yang jelas(intonasi) agar pendengar dapat menerima isi pesan dengan baik dan benar, waktu(timeing) yang digunakan tidak terlalu lama juga tidak terlalu cepat  yang penting singkat dan jelas isinya.
·        Komunikasi Non Verbal
Adalah komunikasi secara tidak langsung, seperti kita membaca AL-Quran dan berzikir karena secara tidak langsung kita sudah berkomunikasi kepada Allah karena pada saat itu kita memohon doa kepadaNya.
Hambatan komunikasi dalam Al-Quran
            Terjadinya hambatan komunikasi dalam Al-Quran dikarenakan jarang sekali dari mereka yang telah mengetahui perintah Allah didalam AL-Quran tapi tidak mau mengamalkan isi-isi yang tercatat dalam AL-Quran didalam kehidupan sehari-hari, seperti perintah Allah kepada kita untuk mengerjakan shalat tetapi sebaliknya malah ditinggalkan.


Komunikasi Intra Personal
  1. Sensasi
Proses penafsiran pesan melalui alat indra dan diterjemahkan oleh otak. Misalnya ketika kita sudah membaca AL-Quran  dan telah mengetahui apa saja isinya lalu kita lakukan didalam kehidupan kita sehari seperti shalat,puasa dan lain sebaginya.
  1. Persepsi
Penilain  seseorang tentang objek, peristiwa atau hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Misalnya ketika kita melakukan sesuatu dan orang lain yang memberikan penilaian terhadap kita.
  1. Memori
System berstruktur  yang menyebabkan organisme sanggup merekam fakta. Misalnya ketika kita sedang melakukan shalat kita sudah tau apa niatnya dan bacaannya tanpa perlu melihat lagi buku paduan shalat.
  1. Proses Berfikir
Berfikir mempengaruhi kita dalam menafsirkan pesan. Misalnya ketika kita mendapatkan informasi terbaru lalu kita pahami masalahnya dalam informasi itu.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar