Sabtu, 10 November 2012

Firdausi Nuzula


Analisis Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian

Nama               : Firdausi Nuzula
NIM                : 1205102010023
Studi               : Teknik Penulisan Ilmiah
Dosen              : Dr.Ir Suyanti Kasimin,M.Si
Judul Jurnal     : Penentuan Skala Usaha dan Analisis Efisiensi Ekonomi Usahatani Kopi Rakyat di Kabupaten Aceh Tengah
Pengarang       : Indra
Tahun              : 2011

Etika Penulisan Kode Etik
§  Penulis menulis dengan jujur,singkat,tepat,jelas,ringkas dan tidak ada unsur plagiat (tidak mengambil data orang lain).
§  Penulis kurang tanggap terhadap suntingan, sehingga masih dijumpai kesalahan. Contohnya dlam kesalahan mengetik kata dan dalam penulisan huruf
§  Penulis merefisi hasil untuk umum, sehingga dapat dibaca oleh khalayak ramai.
§  Penulis menyebut sumber referensi data atau teori dengan jelas, sehingga terhindar dari plagiat.
Gagasan Awal:
Aceh Tengah adalah daerah penghasil kopi yang cukup potensial dalam wilayah Daerah Istimewa Aceh.
Gagasan yang dikembangkan:
Suatu realita bahwa perkebunan kopi rakyat umumnya belum dikelola secara baik seperti halnya perkebunan besar. Berbagai masalah terdapat pada perkebunan kopi rakyat antara lain produktivitas dan mutunya yang masih relatif rendah, serta modal dan pengetahuan petani kopi pada umumnya masih belum memadai (Santoso, 1987). Penulis telah mengembangkan gagasan dengan lebar dan jelas, sehingga gagasan awal sudah jelas.
Latar Belakang Masalah      :
Suatu realita bahwa perkebunan kopi rakyat umumnya belum dikelola secara baik seperti halnya perkebunan besar. Rendahnya mutu kopi rakyat di Indonesia disebabkan oleh (1) hasil pemetikan tidak merata baik tingkat kemasakan maupun besar biji kopi, (2) secara pengolahan belum memadai, terutama pada fase pengeringan, (3) peningkatan mutu belum mendapat imbalan kenaikan harga yang memadai di tingkat petani. Pengolahan usahatani kopi bertujuan untuk meningkatkan produksi yang akhirnya adalah untuk meningkatkannpendapatan petani kopi.
Masalah :
§  Belum dikelola secara baik
§  Iklim yang kurang cocok
§  Penggunaan klon (bibit) yang tidak unggul
§  Tanaman yang sudah tua dan tidak pernah diremajakan
§  Hasil pemetikan tidak merata
§  Kurangnya pengetahuan dalam pengalokasian sumberdaya
Analisis Masalah:
Dalam menganalisi masalah dalam penelitian digunakan metode penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah “two stage cluster random sampling”. Tahap pertama adalah memilih satuan sampling primer (SSP), yaitu memilih 2 kecamatanbdari 9 kecamatan yang ada dalam wilayah Kabupaten Aceh Tengah. Thap kedua adalah memilih satun sampling sekunder (SSS), yaitu memilih kepala keluarga (KK) dari tiap kecamatan yang tepilih. SSS ini merupakan unit elementer yang langsung menjadi responden penelitian.
Dalam metode penelitian, pengukuran konsep, metode pemilihan sampel dan pengumpulan data penelitian sudah cukup jelas.
Hasil
Berdasarkan hasil dari penelitian diatas menunjukkan luas rata-rata usahatani adalah 1,12 ha dengan kisaran luas antara 0,50-3,5 ha. Umur rata-rata pohon kopi adalah 18,50 tahun, termasuk katagori relatif tua mengingat pohon kopi petani pada umumnya kurang dipelihara dengan baik. Dengan demikian terbukti bahwa produktivitas perkebunan kopi di Indonesia masih relatif rendah. Penulis sudah menyajikan berbagaisumber untuk menunjang teori atau data agar mendapatkan hasil yang sebenarnya. Namun hasil yang didapati masih tergolong rendah. Penulis menyebutkan banyak sekali kekurangan dala mengolah perkebunan kopi, mulai dari biji sampai dengan luas lahan masyarakat. Karena ukurab luas garapan dari usahatani harus mendapat perhatian yang serius agar petani tidak mengalami kerugian yang besar.
Kesimpulan dan Saran:
 Dalam kesimpulan, sudah memuat jawaban dari tujuan penelitian. Hasil penelitian dipaparkan secara ringkas dan jelas seperti “Pekerja perempuan dalam penelitian ini telah mempunyai akses yang besar untuk meningkatkan posisi pekerjaannya yaitu 53% lebih sudah mempunyai usaha sendiri yang berawal dari keahliannya sebagai pengrajin dengan keuletan mengembangkan kemampuan diri hingga berhasil membangun usaha kerajinan sendiri”.
 Dalam saran yang disampaikan sudah cukup baik dengan memotivasi pembaca untuk melakukan penelitian didaerah lain yang tertimpa musibah bencana alam.
Format penulisan
Font                                         : Times New Roman
Jumlah kata dalam abstrak      : 138
Ukuran font                            : 11
Spasi                                        : 1,15
Tema Jurnal
Potensi usahatani perkebunan kopi rakyat
Kemutakhiran Rujukan
 Indra.2011. Penentuan Skala Usaha dan Analisis Efisiensi Ekonomi Usahatani Kopi Rakyat di Kabupaten Aceh Tengah.Agrisep Vol.(12)No.1,2011.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar