Sabtu, 10 November 2012

ZAHLUL FUADI


Analisis Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian

Nama               : Zahlul Fuadi
NIM                : 1205102010091
Studi                : Teknik Penulisan Ilmiah
Dosen               : Dr. Ir Suyanti Kasimin, M.Si
Judul Jurnal : KAJIAN PROSPEK KOMODITAS INDUK UDANG WINDU PADA   KAWASAN PESISIR PERAIRAN PANTAI DI DAERAH KABUPATEN ACEH BESAR
Peneliti            : M. Yuzan Wardana
Tahun Jurnal    : 2011
Etika  Penulis Kode Etik :
·         Penulis menulis dengan jujur, cermat, padan, tidak ada unsur pelagiat dan objektif.
·         Penulisan sesuai dengan ketentuan penulisan ilmiah.
·         Isi artikel bersifat objektif dan sesuai dengan fakta di lapangan.
·         Semua data yang penulis masukkan ke dalam artikel menyebutkan sumbernya.
Gagasan Awal :
Mengembangkan potensi dan sumber induk undang windu di Aceh, dan khususnya kawasan pesisir pantai di daerah kabupaten Aceh Besar.
Gagasan Yang Dikembangkan :
Menganalisis kondisi kawasan perairan pantai yang merupakan lokasi habitat induk udang windu, cara pendistribusian dan pemasaran udang windu dari mulai pengepakan, pengangkutan hingga penjualan. Ukuran serta kualitas induk undang windu harus sesuai dengan syarat Hatchery sehingga udang yang dihasil mempunyai kualitas yang baik.
Latar belakang masalah :
Wilayah pesisir Aceh sangat bagus dalam usaha perikanan tangkap dan budidaya, hal ini dapat menjadi sektor andalan untuk menggerakkan perekonomian daerah, dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat swasembada hewani, peningkatan devisa negara dan menciptakan lapangan kerja. Salah satunya udang windu yang harus dikembangkan karena undang windu mempunyai potensi cukup besar dengan bantuan arahan yang baik dari pembibitan, pemilihan lahan, hingga bagian pemasarannya.
Masalah :
·         Permasalahan pemilihan lahan yang baik
·         Belum adanya arahan yang tepat tentang pemeliharaan yang benar
·         Belum adanya alat yang memadai untuk mendukung proses pengepakan
·         Pengelolaan masih kurang tepat
·         Sumber daya manusianya masih kurang dalam pengalokasian
Analisis Masalah :
Tempat pelaksanaan penelitin ini di perairan pesisir pantai Aceh Besar, Aceh. Adapun objek penelitian adalah komoditas jenis perikanan yaitu udang windu (Penaeus monodom). Kajian ini hanya dibatasi pada ruang lingkup masalah produksi (jumlah) induk undang yang di tangkap, pendapatan, areal penangkapan dan pendistribusian serta masalah induk udang yang di tangkap. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode “purposive sampling” dengan populasi kajian kelompok nelayan di Aceh Besar. Data yang digunakan dalam penelitian data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dengan menggunakan quisioner, dan pengamatan langsung di lapangan. Data sekunder diperoleh langsung dari perpustakaan dan instansi-instansi yang terkait.
Hasil :
Bedasarkan penelitian yang dilakukan di lapangan menujukkan kabupaten Aceh Besar dapat dikatakan sebagai perairan lautnya adalah perairan yang landai dan cocok untuk fishing ground induk udang, khususnya udang windu. Induk udang dapat hidup lebih baik didalam perairan, sehingga udang dapat bertelur dan melakukan perkawinan dengan baik. Kondisi daerah di kabupaten Aceh Besar di tiga kecamatan memenuhi persyaratan teknis untuk udang hidup yaitu Kecamatan Lhoknga, Baitussalam dan kecamatan Peukan Bada dengan kedalaman air antara 3-6 meter, dan kadar lumpur yang sesuai untuk kelayakan hidup induk udang semestinya. Untuk pendistribusian cukup baik dan terarah hanya kurang pada pengepakan karena diperlukan alat yang lebih memadai agar lebih aman dan wadah yang tahan benturan, sehingga proses pengangkutan dapat dilakukan lebih cepat ke jaringan pemasaran.
Kesimpulan dan Saran :
Kesimpulan pada artikel yang dianalisis ini telah sesuai dengan pernyataan diatas. Saran dimaknai sebagai: pendapat (usul, anjuran, cita-cita) yang dikemukakan untuk dipertimbangkan. Penyajian saran pada jurnal ini, berisi tentang anjuran peneliti kepada pemerintah agar dapat melakukan pembinaan nelayan untuk supaya hasil yang di dapat nanti sesuai dengan apa yang diharapkan.
Format Penulisan :
·         Artikel diketik menggunakan font “Times New Romans”
·          Ukuran font 11
·          Line spacing 1,15
·         Jumlah kata dalam abstrak dalam bahasa Indonesia adalah 149 kata
Tema Jurnal :
Potensi Induk Udang Windu pada Perairan di Daerah Kabupaten Aceh Besar.
Kemuktahiran Rujukan :
Wardana.M Yuzan.2011.Kajian Prospek Komoditas Induk Udang Windu Pada Kawasan Pesisir Perairan Pantai Di Daerah Kabupaten Aceh Besar Agrisep Vol.(12)

1 komentar:

  1. Saya menemukan KTM kamu, hbungi saya di iqbal.p.unsyiah@gmail.com untuk mengambil KTM. Atau Komen di sukatulis.wordpress.com. facebook.com/iqbal.perdana

    BalasHapus