Senin, 22 Oktober 2012

Nuzulul Fikri

nama : NUZULUL FIKRI
nim : 1205102010090
kelas : SEP 01
kelompok : 19 


KETERKAITAN AL-QURAN DAN RUKUN ISLAM DALAM ILMU KOMUNIKASI
Al-Quran
Al-Quran adalah kitab suci umat islam . Umat islam percaya bahwa Al-Quran adalah penutup wahyu Allah diperuntukkanbagi agama islam dan manusia yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantaraan malaikat Jibril.
Rukun islam
            Rukun Islam adalah landasan bangunan keislaman seseorang . Rukun Islam ada lima perkara yaitu :
1.Mengucap dua kalimat syahadat
2.Mendirikan shalat
3.Menunaikan Ibadah Puasa Di Bulan Ramadhan
4.Membayar zakat
5.melaksanakan ibadah haji bagi yang mampu
Komunikasi
Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan media tertentu untuk merubah sikap seseorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan.
Al-Quran menyebutkan bahwa komunikasi sebagai salah satu fitrah manusia.Al-Quran juga berarti komunikasi kita dengan Allah SWT dengan mempelajari,memahami,serta mengamalkan firman yang diperintah oleh Allah seperti tersebut dalam rukun islam. Rukun Islam akan dikaitkan dengan ilmu komunikasi berdasarkan
§  Unsur unsur komunikasi dalam Al-Quran
§  Jenis Jenis Komunikasi
§  Hambatan dalam Komunikasi pada Al-Quran
§  Komunikasi Intrapersonal

Ayat dibawah terdapat dalam Al-Quran surat Al-Furqan ayat 64 jus ke 19

Artinya :
Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka[1072].
[1072] Maksudnya orang-orang yang sembahyang tahajjud di malam hari semata-mata karena Allah.
Dari ayat diatas menyimpulkan orang orang yang mendirikan shalat dimalam hari (tahajud) dan berdiri menghadap Allah SWT , mereka meninggalkan kesenangan dan kenyamanan tidur mereka resapkan sepenuh jiwa dan raga bagaimana nikmat kala bermunajat dengan Allah SWT. Shalat merupakan kewajiban bagi umat Islam yang tertuang dalam rukun islam yang pertama.

Unsur – unsur Komunikasi
Dalam proses komunikasi ada lima unsur yang mutlak harus dipenuhi karena merupakan suatu bentuk kesatuan yang utuh dan bulat .
1.      Sumber (source)
2.      Pesan (massage)
3.      Saluran (channel)
4.      Penerima (received)
5.      Efek Balik (feedback)
Ayat diatas bersumber dari Al-Quran sebagai pemberi perintah dalam memberi pesan kepada semua makhluk agar mentaati segala perintah yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi semua laranganNya . Nabi Muhammad SAW menerima wahyu dari Allah SWT melalui perantaraan malaikat Jibril untuk  disebarkan kepada seluruh umatnya . Umatnya kemudian menyebarkannya melalui saluran kepada sesama manusia hingga akhir zaman. Setiap perintah dan larangan yang Allah SWT sebutkan harus kita patuhi ,karena kita adalah penerima pesan ,sebagai efek balik antara manusia dengan Allah SWT atas apa yang difirmankan oleh-Nya.

Jenis – Jenis Komunikasi
Jenis Komunikasi ada 2 yaitu :
1.Komunikasi Verbal
Komunikasi verbal adalah komunikasi yang menggunakan simbol – simbol verbal baik secara lisan maupun tertulis. Ayat diatas menggunakan perbendaharaan kata yang tersusun rapi dan bagus dengan kecepatan bacaan yang teratur. Nabi melakukan penyampaian pesan melalui dakwah beserta dengan pengikut-pengikutnya dengan mengatur intonasi suara yang jelas pada setiap waktu penyampaiannya.
2.Komunikasi Non Verbal
Komunikasi Non Verbal adalah komunikasi yang tidak menggunakan kata-kata baik secara lisan maupun tulisan . komunikasi ini paling sering digunakan . Seperti saat kita mendirikan salat terjadi komunikasi non verbal berupa ekspresi muka , badan , gerak tubuh serta intonasi suara dari niat shalat sampai tertib shalat.

Hambatan Komunikasi Dalam Al-Quran
Hambatan bisa terjadi saat kita sulit menafsirkan dan memahaminya sehingga pemahaman tidak sesuai apa yang dimaksudkan oleh Allah SWT serta pembacaan yang tidak sesuai dengan hukum bacaan Al-Quran yang baik dan benar . Hambatan bisa juga terjadi karena kurang pengamalan terhadap isi Al-Quran dalam kehidupan sehari – hari .

Komunikasi Intrapersonal
Komunikasi intrapersonal adalah komunikasi yang terjadi dalam diri sendiri,ini merupakan dialog internal atau bahkan dapat terjadi bersama dengan orang lain. Proses Intarpersonal adalah :
v  Sensasi
Sensasi adalah proses penginformasian melalui alat indera yang diterjemahkan oleh otak. Sensasi yang ditimbulkan dari perintah dan larangan Allah dalam Al-quran membentuk sandaran vertikal keyakinan dan perbuatan. Seperti sensasi saat kita melaksanakan shalat secara khusuk membuat jiwa kita tenang dan juga menyehatkan tubuh.

v  Persepsi
Persepsi adalah pengalaman tentang objek , peristiwa atau hubungan – hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan . Persepsi dapat menjadi sandaran untuk kita meningkatkan keimanan dengan selalu introspeksi diri apa yang telah kita perbuat selama berada di dunia . Persepsi juga muncul dari lingkungan luar, seperti penyimpulan orang lain terhadap pengamalan rukun islam .

v  Memori
Memori adalah system yang sangat berstruktur,yang menyebabkan organisme sanggup merekam fakta tentang dunia dan menggunakan pengetahuannya untuk membimbing perilakunya . Memori melewati tiga proses yaitu perekaman , penyimpanan , dan pemanggilan . Contoh perekaman adalah pencatatan rukun shalat dan bacaan shalat melalui reseptor indera dan sirkit saraf internal, penyimpanan berupa berapa lama informasi itu berada beserta kita dan pemanggilan berupa pemanggilan informasi yang telah kita dapat dari tentang shalat dan tata cara mengerjakan shalat secara sah .

v  Proses Berpikir
Proses berpikir mempengaruhi kita dalam menafsirkan pesan melibatkan penggunaan konsep dan lambang . Seperti halnya proses pemikiran umat terhadap dakwah Nabi Muhammad SAW agar dapat terus disyiarkan di dunia hingga akhir zaman dan pemikiran umat terhadap kegunaan shalat secara ilmiah .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar